Rabu, 30 Mei 2012

GALVANOMETER



LAPORAN PRAKTIKUM
JUDUL PERCOBAAN                : ALAT UKUR DASAR
TUJUAN PERCOBAAN              : MEMPELAJARI CARA MENGGUNAKAN GALVANOMETER
TANGGAL PERCOBAAN           : 03 MARET 2012


ALAT DAN BAHAN YANG DIPERGUNAKAN     :
  • Baterai
  • Papan Rangkaian
  • Kabel Penghubung
  • Galvanometer


LANDASAN TEORI
            (FISIKA EDISI KE 3 JILID 2. TIPLER. 1996 : 194),” Komponen dasar suatu ammeter dan voltmeter adalah galvanometer alat yang mendeteksi arus kecil yang melaluinya. Galvanometer dirancang sehingga pembacaan skala sebanding dengan arus yang melaluinya. Ada dua sifat galvanometer yang penting dalam pemakaiannya sebagai ammeter dan voltmeter. Sifat tersebut yaitu resistansi galvanometer Rg dan arus yang dibutuhkan untuk menghasilkan simpangan skala Ig.”
            (DASAR-DASAR FISIKA UNIVERSITAS EDISI KE 3 JILID 2. MARCELO ALONSO. 1980 : 131),”Galvanometer adalah sebuah rancangan sederhana untuk mengukur arus yang dilewatkan ke koil yang digantungkan diantara kutub-kutub sebuah magnet. Medan magnetic ini menimbulkan torsi pada pada koil yang memutarnya beberapa derajat. Torsi yang ditimbulkan oleh medan magnetic cenderung untuk menempatkan koil tegak lurudan memutar pegas Q.”
            (FISIKA JILID 2. HALLIDAY & RESNICK. 1996 :263),”Bagian-bagian dasar galvanometer merupakan mekanisme pengoperasian dari amperemeter dan voltmeter. Tinggi koil adalah 2,0 cm dan lebarnya 1,0 cm, koil tersebut mempunyai 250 lilitan dan dinaikkan supaya kilo dapat berputar disekeliling sebuah sumbu. Vertikal didalam sebuah medan magnet radial uniform dengan B=2000 gaus.”
            (FISIKA UNIVERSITAS, YOUNG &FREEDMAN . 2000. 268),”Sebuah galvanometer d’arsonal mempunyai sebuah kumparan berporos dengan penunjuk yang disambungkan, sebuah magnet permanen yang memberikan sebuah medan magnetic yang besarnya seragam, dan sebuah pegas untuk memberikan torka pemulih.”
            (FISIKA Dr. EFRIZAN UMAR. 2008 : 64),”Galvanometer adalah instrument elektromekanik yang digunakan untuk mendeteksi adanya arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian. Alat ini sangat sensitive dan dapat digunakan untuk mengukur arus listrik yang sangat besar.”


PEMBAHASAN
            Pada praktikum kali ini kami melakukan percobaan menggunakan galvanometer, adapun galvanometer merupakan alat pengukur kuat arus yang sangat lemah atau bisa jug sebagai alat yang mendeteksi kuat arus.
            Adapun yang terdapat didalam alat galvanometer adalah papan skala, jarum penunjuk, pegas, magnet batang, inti besi dan kumparan. Fungsi dari papan skala adalah untuk membaca hasil pengukuran , fungsi dari jam penunjuk adalah untuk menunjukkan skala dimana kuat arus yang terdapat didalam kumparan tersebut, fungsi pegas adalah untuk menggerakkan jarum kompas, fungsi magnet batang aalah untuk mengalirkan arus listri.
            Galvanometer ini sangat sensitive dan dapat digunakan untuk mengukur arus listrik yang besar. Jika kesalahan pemasangan kabel bisa terjadi penyimpangan yang snagat besar mengakibatkan alatnya akan cepat rusak. Fungsi kerja galvanometer adalah menggunakan prinsip momen yang berlaku pada kumparan didalam medan magnet.
            Galvanometer sejenis dengan ammeter. Falvanometer akan menghasilkan perputaran jarum penunjuk sebagai hasil dari arus listrik yang mengalr melalui lilitannya. Semua baterai mempunyai tegangan yang sama, yang membedakan hanya kuat arus.
            Prinsip kerja galvanometer berdasarkan gaya lorenzt, arus mengalir melalui kumparan dan pegas piral akan menggerakkan jarum penunjuk ketika arus itu mengalir.
            Galvanometer tidak dapat digunakan untuk mengukur kuat arus maupun beda potensial listrik yang relative besar, karena komponen-komponen internalnya yang tidak mendukung.



KESIMPULAN
            Berdasarkan hasil praktikum dapat disimpulkan bahwa       :
1.      Galvanometer adalah alat untuk mendeteksi adanya arus.
2.      Cara kerja galvanometer sama dengan amperemeter, voltmeter dan ohmmeter.
3.      Galvanometer menggunakan prinsip momen yang berlaku pada kumparan didalam medan magnet.


SARAN
  • LIKE THIS YO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman